Tren Mode 2011

SETIAP pergantian tahun, selalu digulirkan tren rambut dan busana. Karenanya, pergantian tahun selalu menjadi isu yang paling hangat di kalangan para desainer.

Menjelang akhir tahun 2010, tak sedikit desainer yang telah memprediksi tren untuk tahun mendatang. Salah satunya, perancang sekaligus pemilik sekolah mode ternama di Tanah Air, Susan Budihardjo. Susan menilai tren tahun 2011 dipengaruhi dengan unsur tekno.

"Bicara mengenai tren, sebenarnya tren setiap tahun dibagi dalam beberapa bagian. Cuma tergantung dari kitanya saja, mana yang rasanya kita rasa lebih sesuai. Untuk tren tahun depan, saya melihat sebenarnya lebih sedikit mengarah ke tekno karena sesuai juga dengan perkembangan zaman," papar Susan saat ditemui okezone di Hotel Mulia baru-baru ini.

Mengenai tekno yang dimaksud, Susan menilai busana yang diciptakan harus membuat pemakainya tampak energik.

"Tekno di sini tidak sekadar busana yang modern, ringan dan wearable, melainkan juga penuh dengan kesan energik. Bahwa yang memakai baju itu sangat bergaya muda, terlihat enerjik, dan smart. Jadi, wanita sekarang kan pakai baju tidak mau yang kesannya hanya seksi semata. Jadi, tren tahun depan menurut saya yang lebih bergaris modern dan lebih praktis dan itu yang dicari para wanita," ucapnya.

Mengenai pengaruh kuat fesyen, Susan menyebut negara matahari, Jepang sering menjadi acuan fesyen Asia.

"Untuk Asia seperti Jepang, pengaruh fesyennya memang kuat sekali, diikuti dengan negara-negara lain," ungkapnya.

Berkaitan dengan tren 2011, Susan pun menyebutkan berbagai warna yang akan menjadi tren di 2011 di antaranya warna hitam, putih, dan warna kontras lainnya.

"Hitam putih masih ada, warna kontras pun masih ada, untuk warna memang lebih beragam," tutupnya.